Pages

Selasa, 25 Januari 2011

Contoh Proposal PTK SMP


PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
JUDUL PTK : Meningkatkan pengetahuan siswa melalui Pengadaan elektroskop karya siswa sebagai sarana pembelajaran praktikum listrik statis di SMP HARAPAN I GRESIK

I.      Pendahuluan
A.      Latar Belakang
Materi pokok listrik statis merupakan bagian dari bidang studi IPA-Fisika yang di ajarkan pada siswa SMP kelas IX di awal tahun ajaran. Mata pelajaran ini ada beberapa aspek yang ingin dicapai yaitu : memahami gejala-gejala listrik statis dan ketrampilan siswa dalam menemukan gejala-gejala listrik statis.

Pada pertemuan I menekankan pada materi-materi dasar proses pembentukan muatan benda. Sedangkan pada pertemuan II ditekankan pada kreatifitas dan inovasi siswa dalam pembelajaran oleh karena itu langkah yang paling sesuai adalah proyek secara kelompok.

Siswa ketika mengikuti pelajaran materi listik statis kurang memuaskan hal ini tampak ketika proses pembelajaran khususnya praktikum, Rasa ingin tahu siswa tentang aplikasi listrik statis dalam perkembangan teknologi dan konsep dasar materi tersebut serta Kurang lengkapnya sarana prasarana pembelajaran yang sering mengandalkan pola demonstrasi alat khususnya praktikum di sekolah membuat siswa cenderung kesulitan dalam memahami materi. Hal ini disebabkan karena tidak ada contoh yang nyata yang dapat memotivasi belajar siswa sehingga ketertarikan untuk mengikuti pembelajaran sangat kecil. Menyadari adanya berbagai faktor penyebab kekurangberhasilan, kami selaku peneliti mengembangkan model pembelajaran dengan membimbing siswa secara berkelompok untuk membuat elektroskop sederhana dengan memanfaatkan daur ulang.

B.      Rumusan masalah
1.       Apakah penjelasan guru mengenai prinsip kerja alat cukup dipahami oleh siswa?
2.       Apakah hasil penjelasan guru dapat dipraktikkan oleh siswa?
3.       Bagaimana bentuk sarana dan alat pembelajaran yang disediakan oleh guru?




C.      Cara pemecahan masalah
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu : pembuatan elektroskop karya siswa sebagai media pembelajaran praktikum listrik statis di laboratorium. Adapun langkah-langkah sebagai berikut :
1.       Penyiapan materi pembelajaran (RPP, bahan proyek, literatur)
2.       Menunjukkan pada siswa proses pembuatan elektroskop dan cara kerjanya
3.       Melakukan diskusi
4.       Mengumpulkan da menganalisa data

D.      Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian
1.       Memudahkan siswa dalam memahami pengetahuan tentang listrik statis.
2.       Meningkatkan kreatifitas siswa dalam pembelajaran.

II.    Tinjauan Pustaka
Belajar adalah kegiatan para siswa, baik dengan bimbingan guru atau dengan usaha sendiri. Pendidik berusaha membantu agar siswa belajar lebih terarah, cepat, lancer, dan berhasil baik. Atau istilah lain dengan membelajarkan siswa. Pembelajaran agar berhasil perlu dilaksanakan ssistematis, secara bulat dengan mempertimbangkan segala aspek.
Sebelum mengenal pembelajaran secara khusus perlu mengenal pembelajaran secara umum. Pembelajaran di dalam kelas baik secara klasikal atau individual dibutuhkan adanya model pembelajaran. Untuk itu perlu diketahui terlebih dahulu pengertian model secara umum. Model dalam kehidupan sehari – hari merupakan suatu pola yang di contoh, baik dalam bentuk fisik suatu hasil kerja atu suatu pola tertentu menghasilkan perilaku belajar yang baik. Model pembelajaran merupakan penyederhanaan dari hubungan berbagai komponen yang ada dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Komponen – komponen pembelajaran meliputi : metode belajar, sarana dan prasarana, guru, siswa, kurikulum, alat evaluasi, dan sebagainya. Menurut Zamroni, (1988:79), mengatakan model merupakan inti dari teori dalam bentuk sederhana , sehingga mudah dibaca dan dipahami. Sedangkan menurut Winardi (1986:53-55), mengatakan ada tiga cara untuk menyatakan model, yaitu : (1) secara verbal menerangkan dengan kata – kata, (2) secara grafis yaitu menerangkan dengan menyajikan diagram, dan (3) secara matematis pada ilmu pasti.
Elektroskop merupakan alat yang digunakan untuk mengetahui adanya muatan serta jenis muatan listrik benda. Elektroskop secara dasar terdiri atas: kepala, badan, dan kaki elektroskop. Prinsip kerja elektroskop adalah bagian kepala elektroskop mendeteksi adanya muatan yang mendekat kemudian mengirimkan informasi pada bagian kaki elektroskop dengan menunjukkan indikator bagian kaki dapat membuka (mekar) atau menutup. Berdasarkan hal tersebut kita dapat memanfaatkan bohlam, kawat tembaga, kertas rokok, casing lampu pijar, dan potongan pipa. Bohlam digunakan sebagai kepala elektroskop, batang tembaga sebagai badannya, dan indikator kaki atau daun elektroskop memanfaatkan potongan aluminium foil/ kertas rokok (Kretek) yang kemudian dimasukkan kedalam casing bola lampu pijar bekas.

III.  Metode Penelitian
A.      Setting Penelitian
Penelitian dilakukan di laboratorium IPA pada tahap pemanduan pembuatan elektroskop dan evaluasi program, selain itu pada tahap pembuatan dilakukan di luar sekolah secara berkelompok.
B.      Identifikasi masalah.
1.       Siswa kesulitan memahami prinsip kerja elektroskop.
2.       Rendahnya daya tarik (greget) dalam mempelajari materi tersebut.
C.      Rencana tindakan
1.       Persiapan rencana pembelajaran.
2.       Pembuatan elektroskop oleh kelompok belajar.
3.       Pengujian elektrsokop.
4.       Uji kemampuan unjuk kerja alat oleh siswa.
5.       Refleksi belajar siswa.
6.       Penilaian uji kemampuan siswa oleh guru.
D.      Analisis PTK
Berdasarkan metode di atas maka, dapat di buat teknik pengumpulan data sebagai berikut:
1.       Penilaian hasil dan unjuk kerja karya siswa.
Nama Kelompok
Karya
Skor


Hasil Fisik
Unjuk kerja
Pemahaman





















2.       Refleksi pembelajaran.
No.
Nama Siswa
Catatan siswa
1


2


3




E.       Indikator kinerja
Sebagai tolak ukur pembelajaran, siswa dapat menjelaskan unjuk kerja elektroskop serta aplikasinya.
F.       Tim peneliti dan tugasnya
1.       Ketua peneliti :
a.       Nama Lengkap dan Gelar                 : Syiddiq
b.       Jabatan Fungsional            : Guru
c.       Bidang keahlian                    : IPA-Fisika
d.      Nama Lembaga                    : SMP HARAPAN I GRESIK
e.      Waktu untuk penelitian ini : 15 Jam/minggu
f.        Tugas :
1. Bertanggung jawab atas kelancaran pelaksanaan kegiatan
2. Menyusun perencanaan PBM berbasis proyek
4. Menyusun Laporan
2.       Anggota Peneliti 1 (teman sejawat)
a.       Nama lengkap dan gelar                 :
b.      Jabatan Fungsional           :
c.       Bidang keahlian                  :
d.      Nama Lembaga                  :
e.      Waktu untuk penelitian ini            :
f.        Tugas :
1. Menganalisis konsep yang ada di GBPP
2. Menyusun perencanaan PBM berbasis multi media
3. Menyusun instrument
IV. Jadwal penelitian
No.
Jenis Kegiatan
Waktu Pelaksanaan
1
Evaluasi pembelajaran sebelumnya

2
Identifikasi masalah pembelajaran sebelumnya

3
Penyusunan proposal

4
Pendesainan media pembelajaran

5
Pelaksanaan proses belajar mengajar

6
Evaluasi hasil belajar siswa

7
Evaluasi proses pembelajaran (siklus II)

8
Seminar hasil penelitian

9
Penyusunan laporan


V.    Penutup
Demikian proposal penelitian tindakan kelas (PTK)  dengan judul meningkatkan pengetahuan siswa melalui pengadaan elektroskop karya siswa sebagai sarana pembelajaran praktikum elektroskop di SMP YIMI GRESIK. Dengan PTK ini diharapkan peneliti sekaligus guru bidang studi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Daftar Pustaka

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah, Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2004. Model-Model Pengajaran dalam Pembelajaran Sains (Materi Pelatihan Terintegrasi Sains). Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2004. Penulisan Karya Ilmiah (Materi Pelatihan Terintegrasi Sains). Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2004. Penelitian Tindakan Kelas (Materi Pelatihan Terintegrasi Sains). Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2005. Kurikulum 2004 Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdiknas.
Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nur, M., dan Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press UNESA.
Nasution. (2000). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Nur, M. 1996. Konsep Tentang Arah Pengembangan Pendidikan IPA SMP dan SMU Lima Tahun yang Akan Datang. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Umum.
Suharsimi., Suhardjono., dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Tim Penyusun Kamus  Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Perum Balai Pustaka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar