Pages

Kamis, 27 Januari 2011

Mengatasi Komputer Rusak

 
24 Problem dan Cara Mengatasinya...
Berikut Merupakan Rangkuman Masalah dan kendala Yang sering Pengguna Komputer Hadapi dan Bagaimana Cara Pencegahannya :
1.       Komputer Tidak Mau Hidup
Cara Mengatasinya :
- Cek koneksi kabel (dari power outletnya ke tombol power pada PC)
- Cek apakah stabilizer berfungsi atau tdak (jika memakai stabilizer)
- Cek kabel power pada CPU
- Jika masih juga tidak mau hidup permasalahanya mungkin terletak pada power supply atau MB

2.       Komputer Mau Hidup Tetapi Tidak Mau Booting
Cara Mengatasinya :
Kenali Terlebih dahulu Bunyi Beep :
Beep 1 kali saja Tanda bahwa kondisi komputer baik
Beep 1 kali, panjang Terdapat problem di memory
Beep 1 kali panjang dan 3 kali pendek Kerusakan di VGA card
Beep 1 kali panjang dan 2 kali pendek Kerusakan di DRAM parity
Beep terus menerus Kerusakan dimodul memory atau memory video
- Cek dengan menggunakan software dianosa seperti sisoft sandra, PC mark04, PC mark05 dll

3.       Komputer Mau Booting Tetapi Selalu “Safe Mode “ (untuk masuk ke safe mode tekan F8)
Cara Mengatasinya :
- restart kembali komputer anda
- jika masih trouble intall ulang windows anda
- jika masih safe mode juga, berarti HD anda bermasalah
cek dengan : scan disk

4.        Komputer Sering Hang
Cara Mengatasinya
- Disebabkan software mengalami crash
- tekan ctrl + alt + del >> klik End task pada program yang “Not Responding”
- tekan tombol restart pada CPU
- Disebabkan hardware mengalami konflik (adanya penambahan hardware baru)
- konflik antar hardware sering terjadi pada sistem operasi windows
- install ulang windows anda, tetapi yang perlu diingat sebelum reinstall windows anda, lepaskan dulu hardware baru anda
- alankan fasilitas “add new“ hardware yang terdapat pada control panel.

5.       Keyboard Tidak Dikenali Oleh Komputer
Cara Mengatasinya
- cek apakah keyboard anda sudah terpasang dengan benar
- jika sudah tapi masih juga keyboard tidak terdeteksi maka kemungkinan keyboard anda bermasalah.
- coba ganti keyboard anda, jika sudah diganti tapi juga masih bermasalah maka kemungkinan besar yang rusak adalah di bagian port keyboard di MB anda.
- Jika memang Sudah di Ganti Keyboard Baru tapi tetap tidak terdeteksi Juga Coba Ganti dengan Keyboard USB dan apabila tidak terdeteksi Juga berarti ada yang salah Pada sitem Windows Sobat.
6.       Mouse Tidak Dikenali Oleh Komputer (sama denagn kasus keyboard)

7.       Pointer Mouse Selalu Meloncat-Loncat
Cara Mengatasinya
- mouse kotor segera di Bersihkan (khususnya pada bola mouse)

8.       Komputer Sering Crash
Cara Mengatasinya :
- cek semua posisi kabel, hardware, dan juga tegangan pada casing, cek suhu pada CPU dan jua cek ram, processor dan juga vga.

9.       Bila Produsen MetherBoard(MB) Tidak Diketahui
Cara Mengatasinya :
- buka casing, dan cek CPU anda biasanya sebuah MB memiliki label produsen yang sekaligus berisi spesifikasi tipe Mbnya.
- Lihat pada manual book
- Cari data Mb lewat internet, cocokan ID yang tercetak pada sticker board denan daftar yang terdapat pada situs www.fcc.gov/oet/fccid, dan cari daftar nomor ID yang dikeluarkan oleh lembaga perijinan untuk perangkat elektonik di Amerika
- Gunakan software analisa, seperti sandra99 dll.

10.   Lupa Password BIOS
Cara Mengatasinya :
- Cabut batterey cmos pada cpu
- Atau dengan cara emncoba menebak bberapa password default untuk beberapa produsen bios misalkan AMI dan AWARD (contoh : A.M.I, AMI, AMI_SW, ALLY, 589589 dll)

11.   Jam dan setting tanggal BIOS Selalu Berubah-Rubah
Cara Mengatasinya :
- batteray cmos sudah tidak berfungsi (mati), ganti dengan batteray yang baru

12.   Menambah Perangkat Hardware Baru, Tp Tidak Terdeteksi Oleh BIOS
Cara Mengatasinya :
- Kemungkinan besar bios anda sudah kuno sehingga tidak dapat mendeteksi hardware yang baru, maka segera update bios anda (bisa download melalui internet, mis : www.windrivers.com)

13.   Melacak Kerusakan Card Pada MB
Cara Mengatasinya :
- cobalah denganmencabut dan menancapkan beberapa card pada MB anda
- jika booting berhasil maka card anda tidak bermasalah begitu jua sebaliknya

14.   Pasang Processor Baru Tp Tidak Terdeteksi
Cara Mengatasinya :
- cek apakah anda sudah memasang processor denan benar
- cek apakah posisi jumper pada processor sudah benar (tentang jumper pada processor bisa anda priksa pada manual booknya)


15.   Crash Setelah Memasang RAM Baru
Cara Mengatasinya :
- kemungkinan ram yang anda pasang tidak kompatibel dengan komputer anda (cabut ram tersebut).

16.   Menambah RAM Tapi Tidak Terdeteksi
Cara Mengatasinya :
- Lakukan pengecekan seperti ketika kasus sebelumnya
- Pastikan slot yan dipakai sesuai, misalnya : SD RAM memiliki slot yang hampir sama dengan RD RAM tetapi RD RAM, tidak bisa terdeteksi meskipun bisa dipasang pada slot jenis SD RAM.

17.   Setelah Menambah RAM Proses Komputer Manjadi Semakin Lambat
Cara Mengatasinya :
- perhatikan batas kapasitas ram anda, misalnya ram jenis EDO batas maksimalnya adalah 64 MB, maka ketika dipaksakan untuk ditambah maka komputer anda menjadi semakin lambat

18.   Virtual Ram
Cara Mengatasinya :
- klik kanan icon My computer, pilih propertis, kemudian pilih tab performance dan klik VIRTUAL MEMORY
- pilih item let me specify my own virtual memory setting (pilih HD yang akan digunakan sebagai virtual memory)
- klok OK

19.   Monitor Tidak Mau Nyala
Cara Mengatasinya :
- pastikan semua kabel power maupun konektor yang berhubungan dengan monitor ok
- pastikan juga pin yang ada pada port VGA masuk dengan sempuran tidak ada yang bengkok apalagi tidak masuk semua/salah satu pin ke port VGA
- pastikan juga VGA card anda ok

20.   Monitor Menjadi Gelap Saat Loading Windows
Cara Mengatasinya :
- kemungkinan disebabkan karena setup driver untuk monitor tidak tepat(setting frekuensinya terlalu tinggi)
- masuk dulu ke dalam kondisi safe mode (tekan F8)
- install ulang driver VGAnya

21.   Tampilan Tiba-Tiba Rusak Dan Komputer Manjadi Hang
Cara Mengatasinya :
- dikarenakan suhu (pada VA card) sangat panas

22.   Ukuran Tampilan monitor Tidak Sesuai Keinginan
Cara Mengatasinya :
- masuk ke display propertis (klik kana semabrang tempat pilih propertis)
- Tekan tab setting dan dan atur ukuran tampilan sesuai dengan keinginan (pada screean area)

23.   Monitor Seperti Berkedip Saat Digunakan
Cara Mengatasinya :
- masuk ke display propertis (klik kana semabrang tempat pilih propertis)
- Tekan tab setting dan klik advance, kemudian klik adapter, pada bagian ini ditampilkan refresh raet yang dininkan

24.   Sound Card Baru Tidak Terdeteksi
Cara Mengatasinya :
- Crash dengan saounda card yang lama
- cek pada manual booknya, apakah soundcard on boardnya perlu dimatikan atau tidak jika hendak menginstall ulang soundcard yan baru (biasanya bisa dimatikan lewat jumper atau bios)

Rabu, 26 Januari 2011

cara membuat web blog untuk pemula

Tips mudah membuat blog di blog spot

Kalau di katakan ketinggalan jaman alias gaptek boleh juga, tapi tidak masalah... ternyata setelah saya dapat membuat web blog jadi dapat nyalurin inspirasi. sebelumnya saya kepingin kayak orang-orang lain dapat nampilin karyanya di seluruh penjuru dunia tapi bagaimana caranya? nah setelah saya utak-atik di mbah google ana sekarang sudah ndak gaptek lagi......


nich langkah-langkah buat web blog
1. masuk ke alamat www.blogspot.com

2. sebelum log up yang pasti kamu harus punya Gmail dlu.....

3. sabar....!sudah daftar Gmail belum...?kalau sudah silahkan login menggunakan username dan password Gmail anda.


4. Lengkapi identitas sesuai dengan petunjuk. isi dengan nama blog yang anda inginkan. klik lanjutkan..
   
5. Pilih template sementara.....ntar bisa ganti dan atur sesuai keinginan.klik lanjutkan


6. Kalau sudah muncul tulisan Blog Anda Sudah Jadi. silahkan anda lakukan blogging.

7. Setelah anda masuk pada post editor. silahkan isi dengan tulisan apa saja.....(disarankan untuk langsung diisi agar blog anda tidak di lock).

8. setelah menuliskan beberapa kalimat. klik PRATINJAU.
9. jika sesuai dengan keinginan klik TERBITKAN ENTRI.
10. Posting anda sudah jadi.....Ayo nGeblog Bareng. Thanks.....

lebih jelasnya silahkan klik disini

Selasa, 25 Januari 2011

Contoh Proposal PTK SMP


PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
JUDUL PTK : Meningkatkan pengetahuan siswa melalui Pengadaan elektroskop karya siswa sebagai sarana pembelajaran praktikum listrik statis di SMP HARAPAN I GRESIK

I.      Pendahuluan
A.      Latar Belakang
Materi pokok listrik statis merupakan bagian dari bidang studi IPA-Fisika yang di ajarkan pada siswa SMP kelas IX di awal tahun ajaran. Mata pelajaran ini ada beberapa aspek yang ingin dicapai yaitu : memahami gejala-gejala listrik statis dan ketrampilan siswa dalam menemukan gejala-gejala listrik statis.

Pada pertemuan I menekankan pada materi-materi dasar proses pembentukan muatan benda. Sedangkan pada pertemuan II ditekankan pada kreatifitas dan inovasi siswa dalam pembelajaran oleh karena itu langkah yang paling sesuai adalah proyek secara kelompok.

Siswa ketika mengikuti pelajaran materi listik statis kurang memuaskan hal ini tampak ketika proses pembelajaran khususnya praktikum, Rasa ingin tahu siswa tentang aplikasi listrik statis dalam perkembangan teknologi dan konsep dasar materi tersebut serta Kurang lengkapnya sarana prasarana pembelajaran yang sering mengandalkan pola demonstrasi alat khususnya praktikum di sekolah membuat siswa cenderung kesulitan dalam memahami materi. Hal ini disebabkan karena tidak ada contoh yang nyata yang dapat memotivasi belajar siswa sehingga ketertarikan untuk mengikuti pembelajaran sangat kecil. Menyadari adanya berbagai faktor penyebab kekurangberhasilan, kami selaku peneliti mengembangkan model pembelajaran dengan membimbing siswa secara berkelompok untuk membuat elektroskop sederhana dengan memanfaatkan daur ulang.

B.      Rumusan masalah
1.       Apakah penjelasan guru mengenai prinsip kerja alat cukup dipahami oleh siswa?
2.       Apakah hasil penjelasan guru dapat dipraktikkan oleh siswa?
3.       Bagaimana bentuk sarana dan alat pembelajaran yang disediakan oleh guru?




C.      Cara pemecahan masalah
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu : pembuatan elektroskop karya siswa sebagai media pembelajaran praktikum listrik statis di laboratorium. Adapun langkah-langkah sebagai berikut :
1.       Penyiapan materi pembelajaran (RPP, bahan proyek, literatur)
2.       Menunjukkan pada siswa proses pembuatan elektroskop dan cara kerjanya
3.       Melakukan diskusi
4.       Mengumpulkan da menganalisa data

D.      Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian
1.       Memudahkan siswa dalam memahami pengetahuan tentang listrik statis.
2.       Meningkatkan kreatifitas siswa dalam pembelajaran.

II.    Tinjauan Pustaka
Belajar adalah kegiatan para siswa, baik dengan bimbingan guru atau dengan usaha sendiri. Pendidik berusaha membantu agar siswa belajar lebih terarah, cepat, lancer, dan berhasil baik. Atau istilah lain dengan membelajarkan siswa. Pembelajaran agar berhasil perlu dilaksanakan ssistematis, secara bulat dengan mempertimbangkan segala aspek.
Sebelum mengenal pembelajaran secara khusus perlu mengenal pembelajaran secara umum. Pembelajaran di dalam kelas baik secara klasikal atau individual dibutuhkan adanya model pembelajaran. Untuk itu perlu diketahui terlebih dahulu pengertian model secara umum. Model dalam kehidupan sehari – hari merupakan suatu pola yang di contoh, baik dalam bentuk fisik suatu hasil kerja atu suatu pola tertentu menghasilkan perilaku belajar yang baik. Model pembelajaran merupakan penyederhanaan dari hubungan berbagai komponen yang ada dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Komponen – komponen pembelajaran meliputi : metode belajar, sarana dan prasarana, guru, siswa, kurikulum, alat evaluasi, dan sebagainya. Menurut Zamroni, (1988:79), mengatakan model merupakan inti dari teori dalam bentuk sederhana , sehingga mudah dibaca dan dipahami. Sedangkan menurut Winardi (1986:53-55), mengatakan ada tiga cara untuk menyatakan model, yaitu : (1) secara verbal menerangkan dengan kata – kata, (2) secara grafis yaitu menerangkan dengan menyajikan diagram, dan (3) secara matematis pada ilmu pasti.
Elektroskop merupakan alat yang digunakan untuk mengetahui adanya muatan serta jenis muatan listrik benda. Elektroskop secara dasar terdiri atas: kepala, badan, dan kaki elektroskop. Prinsip kerja elektroskop adalah bagian kepala elektroskop mendeteksi adanya muatan yang mendekat kemudian mengirimkan informasi pada bagian kaki elektroskop dengan menunjukkan indikator bagian kaki dapat membuka (mekar) atau menutup. Berdasarkan hal tersebut kita dapat memanfaatkan bohlam, kawat tembaga, kertas rokok, casing lampu pijar, dan potongan pipa. Bohlam digunakan sebagai kepala elektroskop, batang tembaga sebagai badannya, dan indikator kaki atau daun elektroskop memanfaatkan potongan aluminium foil/ kertas rokok (Kretek) yang kemudian dimasukkan kedalam casing bola lampu pijar bekas.

III.  Metode Penelitian
A.      Setting Penelitian
Penelitian dilakukan di laboratorium IPA pada tahap pemanduan pembuatan elektroskop dan evaluasi program, selain itu pada tahap pembuatan dilakukan di luar sekolah secara berkelompok.
B.      Identifikasi masalah.
1.       Siswa kesulitan memahami prinsip kerja elektroskop.
2.       Rendahnya daya tarik (greget) dalam mempelajari materi tersebut.
C.      Rencana tindakan
1.       Persiapan rencana pembelajaran.
2.       Pembuatan elektroskop oleh kelompok belajar.
3.       Pengujian elektrsokop.
4.       Uji kemampuan unjuk kerja alat oleh siswa.
5.       Refleksi belajar siswa.
6.       Penilaian uji kemampuan siswa oleh guru.
D.      Analisis PTK
Berdasarkan metode di atas maka, dapat di buat teknik pengumpulan data sebagai berikut:
1.       Penilaian hasil dan unjuk kerja karya siswa.
Nama Kelompok
Karya
Skor


Hasil Fisik
Unjuk kerja
Pemahaman





















2.       Refleksi pembelajaran.
No.
Nama Siswa
Catatan siswa
1


2


3




E.       Indikator kinerja
Sebagai tolak ukur pembelajaran, siswa dapat menjelaskan unjuk kerja elektroskop serta aplikasinya.
F.       Tim peneliti dan tugasnya
1.       Ketua peneliti :
a.       Nama Lengkap dan Gelar                 : Syiddiq
b.       Jabatan Fungsional            : Guru
c.       Bidang keahlian                    : IPA-Fisika
d.      Nama Lembaga                    : SMP HARAPAN I GRESIK
e.      Waktu untuk penelitian ini : 15 Jam/minggu
f.        Tugas :
1. Bertanggung jawab atas kelancaran pelaksanaan kegiatan
2. Menyusun perencanaan PBM berbasis proyek
4. Menyusun Laporan
2.       Anggota Peneliti 1 (teman sejawat)
a.       Nama lengkap dan gelar                 :
b.      Jabatan Fungsional           :
c.       Bidang keahlian                  :
d.      Nama Lembaga                  :
e.      Waktu untuk penelitian ini            :
f.        Tugas :
1. Menganalisis konsep yang ada di GBPP
2. Menyusun perencanaan PBM berbasis multi media
3. Menyusun instrument
IV. Jadwal penelitian
No.
Jenis Kegiatan
Waktu Pelaksanaan
1
Evaluasi pembelajaran sebelumnya

2
Identifikasi masalah pembelajaran sebelumnya

3
Penyusunan proposal

4
Pendesainan media pembelajaran

5
Pelaksanaan proses belajar mengajar

6
Evaluasi hasil belajar siswa

7
Evaluasi proses pembelajaran (siklus II)

8
Seminar hasil penelitian

9
Penyusunan laporan


V.    Penutup
Demikian proposal penelitian tindakan kelas (PTK)  dengan judul meningkatkan pengetahuan siswa melalui pengadaan elektroskop karya siswa sebagai sarana pembelajaran praktikum elektroskop di SMP YIMI GRESIK. Dengan PTK ini diharapkan peneliti sekaligus guru bidang studi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Daftar Pustaka

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah, Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2004. Model-Model Pengajaran dalam Pembelajaran Sains (Materi Pelatihan Terintegrasi Sains). Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2004. Penulisan Karya Ilmiah (Materi Pelatihan Terintegrasi Sains). Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2004. Penelitian Tindakan Kelas (Materi Pelatihan Terintegrasi Sains). Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2005. Kurikulum 2004 Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdiknas.
Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nur, M., dan Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press UNESA.
Nasution. (2000). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Nur, M. 1996. Konsep Tentang Arah Pengembangan Pendidikan IPA SMP dan SMU Lima Tahun yang Akan Datang. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Umum.
Suharsimi., Suhardjono., dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Tim Penyusun Kamus  Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Perum Balai Pustaka.

Senin, 24 Januari 2011

Soal UN Fisika 2011

SKL FISIKA SMP

I.     Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

MATERI :

1.    BESARAN dan SATUAN
§  Besaran adalah sesuatu yang dapat dinyatakan dengan angka nilai dan memiliki satuan.
§  Besaran terdiri dari 2 macam, yaitu :
a.        Besaran Pokok, yaitu besaran yang satuannya berdiri sendiri, tidak diturunkan  dari besaran-besaran lain.
No
Besaran pokok
Satuan
1
Panjang
Meter (m)
2
Massa
Kilogram (kg)
3
Waktu
Sekon (s)
4
Kuat arus listrik
Ampere (A)
5
Suhu
Kelvin (K)
6
Intensitas cahaya
Candela (Cd)
7
Jumlah zat
Mol
                        Cara menghafal cepat :
Papa dan mama tuku listrik siji “

b.       Besaran turunan, yaitu satuan besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok.
Contoh :
Ø  Luas ( m2 ), diturunkan dari besaran pokok panjang, yaitu meter kali meter.
Ø  Kecepatan ( m/s ), diturunkan dari besaran pokok panjang dibagi dengan waktu.
Ø  Massa jenis ( kg/m3 ), diturunkan dari besaran pokok massa dan panjang.           
                      
Contoh soal dan pembahasan
1.      Data tentang besaran pokok dan satuannya menurut SI yang benar adalah…
No
Besaran
a. 1 dan 2
c. 1 dan 3
b. 3 dan 4
d. 2 dan 4
 
Satuan
1
Panjang
Kilometer
2
Massa
Kilogram
3
Waktu
Jam
4
Suhu
Kelvin





 Pembahasan
     Sesuai 7 besaran pokok, satuan panjang (meter), satuan massa (kilogram), satuan waktu (sekon), satuan suhu (kelvin). Maka data yang sesuai adalah nomor 2 dan 4.
     Jawaban : d

2.      Di bawah ini yang merupakan kelompok besaran turunan adalah…..
a.       Panjang – massa – waktu
b.      Luas – volume – kecepatan
c.       Kuat arus – suhu – waktu
d.      Jumlah zat – intensitas cahaya – waktu
           
            Pembahasan
Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran-besaran lain, luas dan volume satuannya diturunkan dari besaran panjang, sedangkan  kecepatan diturunkan dari besaran panjang dibagi dengan waktu.
Jawaban : b         
            Uji kompetensi     
1.      Di bawah ini yang termasuk kelompok besaran pokok adalah…..
a.       Kecepatan, massa, dan massa jenis.
b.      Kuat arus, panjang, suhu.
c.       Luas, kecepatan, dan waktu.
d.      Volume, panjang, dan waktu.

2.      Di bawah ini yang termasuk besaran turunan adalah…..
a.       Panjang, massa, waktu
b.      Massa, suhu, volume
c.       Massa jenis, volume, luas
d.      Waktu, suhu, gaya

2.    PENGUKURAN
Pengukuran suatu besaran dilakukan dengan membandingkan nilai besaran yang diukur dengan besaran sejenis yang dipakai sebagai satuan.
Macam – macam alat ukur panjang
a.        Mistar / penggaris : digunakan untuk mengukur benda-benda yang tidak terlalu panjang dengan ketelitian 0,5 cm.
b.       Jangka sorong : digunakan untuk mengukur diameter bagian dalam, bagian luar dan kedalaman tabung dengan ketelitian 0,1 mm.
c.        Mikrometer sekrup : digunakan unttuk mengukur panjang benda-benda kecil dengan ketelitian 0,01 mm.

1.
 
Contoh soal dan pembahasan
            No
Besaran
Satuan
Alat ukur
1
Panjang
Hektar
Mistar
2
Massa
Kilogram
Jangka sorong
3
Waktu
Detik
Stopwatch
4
Suhu
Kalori
Termometer
                  Dari tabel diatas pasangan yang benar antara besaran, satuan, dan alat ukurnya adalah…..
                  a.  1                             b.  2                             c.  3                             d.  4

            Pembahasan
·         Panjang, satuannya meter, alat ukurnya mistar
·         Massa, satuannya kilogram, alat ukurnya neraca
·         Waktu, satuannya detik atau sekon, alat ukurnya stopwatch
·         Suhu, satuannya Kelvin, alat ukurnya thermometer
                  Jawaban : c

            Uji kompetensi 
1.      Garis tengah bagian dalam suatu pipa diukur dengan menggunakan…..
a. mikrometer sekrup
c. jangka sorong
b. meteran
d. mistar